Sisi Lain Edi 'Obama' Saputra di Mata Irwandi Yusuf

Halim El Bambi
By -
0

 



MYHELB MEMBACA ZAMAN | Ada sebuah kisah yang masih saya ingat dan mungkin bisa menjadi sebuah romansa tersendiri bagi Edi 'Obama' Saputra, sosok yang fokus untuk saya ceritakan. 


Banda Aceh, pertengahan 2017, dipetang yang cerah, telepon genggam Edi Saputra, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bireuen yang juga 'donatur' pasangan Irwandi - Nova, tiba-tiba berdering kencang. Sekejab Edi menoleh ke layar Hp androidnya. Rupanya, Irwandi Yusuf, orang penting di Aceh meneleponnya secara tiba-tiba. Jarinya sekelebat menekan icon terima...

"Pat keuh posisi jinoe? Suara Irwandi diseberang.

"Nyompat lon tuan komandan, kebetulan na di Banda Aceh," sahut Edi bahagia sumringah.

"Pah that, kajak keuno ile merempek lon," timpal Irwandi lalu menutup pembicaraan.

Edi lalu bergegas masuk ke mobilnya dan meluncur ke suatu tempat, menemui Irwandi Yusuf.

Disana sudah ada beberapa orang Irwandi Yusuf yang selalu siap sigap mengurusi segala hal, termasuk kedatangan Edi Saputra. Ia termasuk orang penting dalam tubuh pemenangan Irwandi Yusuf - Nova Iriansyah maju Gubernur dan wakil Gubernur 2017.

Kemenangan pasangan ini memang saat itu diprediksi sudah didepan mata ....

Dana kampanye yang digelontorkan Edi kepada pasangan ini tidak sedikit dan itu sanggup memenuhi ekspektasi kebutuhan logistik di hari H pencoblosan. Dana itu disalurkan dari semenjak provinsi hingga ke pelosok gampong. Yang terima tentu semua 'ulee timses' Irwandi - Nova. Dengan asupan dana dari pengusaha muda asal Bireuen itu, kerja-kerja Irwandi - Nova pun semakin mudah.

Bagi Irwandi Yusuf, Edi saputra bukan sekedar sahabat. Lebih dari itu, Edi memiliki 'andil' yang cukup besar selama Irwandi Yusuf maju dalam Pilkada Aceh. Dalam setiap gerak langkah Tgk Agam, Edi Saputra, pengusaha muda Aceh itu menjadi bagian dari tokoh kunci kesuksesan karir Irwandi Yusuf.

Edi termasuk pribadi yang totalitas bila sudah komit membantu dan itu ia lakukan pada Irwandi Yusuf di periode pertamanya maju gubernur dan periode kedua Tgk Agam maju gubernur Aceh 2017. 

Hari itu, Mantan Juru Propaganda GAM mengajak Edi Saputra, kompatriotnya terbang dengan psawat legendaris miliknya; Hanakaru Hokagata.

Tentu bukan sembarangan orang yang bisa naik pesawat yang hanya berpenumpang 2 orang saja. Irwandi melihat, bos Obama Market itu bukan hanya sosok pria yang bernyali tinggi, lebih dari itu, Edi Saputra adalah 'orang penting' baginya sejak ia kembali mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Aceh untuk kedua kalinya. Edi, lagi-lagi memberi 'andil' besar baginya selama maju sebagai calon gubernur Aceh untuk ke dua kalinya.

Maka tak salah dan tak berlebihan bila bagi Irwandi Yusuf, Edi Saputra adalah penumpang 'istimewa' didalam cabin Hanakaru Hokagata.

Sepanjang pilkada Aceh lalu, pesawat Eagle One HANAKARU HOKAGATA menjadi saksi sekaligus kenangan yang tak bisa terlupakan seumur hidup bagi Edi Obama dan Irwandi Yusuf. Dari Bandara Sultan Iskandar Muda itu, keduanya melakukan penerbangan menuju Bireuen untuk menghadiri pertemuan dengan Relawan Pemenangan Irwandi-Nova yang sudah menunggu antusias.

Setelah pesawat lepas landas dan sudah berada diatas awan, Eagle One sempat mengalami Lost Control, dan pesawat terbang tinggi diluar perkiraan. Dalam situasi mencekam, Irwandi Yusuf masih bisa mengendalikan diri dan berbisik kepada Edi Obama:

"Edi kamu nggak usah takut, berdoa saja sama Allah semoga kita selamat."

"Siap komandan, saya tidak takut." sergah Edi mencoba hibur diri, meski keringat dingin terus mengucur deras.

Eagle One HANAKARU HOKAGATA terus mengangkasa dalam kondisi terguncang. Namun berkat kepiawaian Irwandi Yusuf mengendalikan pesawat secara tenang dan dingin, Eagle One lama-lama mulai seimbang dan terbang nyaman hingga tiba dan landing dengan selamat di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara.

Kapok kah Edi sejak insiden 'nyaris crash' dengan Eagle One itu? Jawabannya tidak! Edi Obama bahkan akan selalu siap antusias apalagi dirinya diajak kembali mengudara meski jet tempur sekalipun.

Setahu saya, terkait seringnya guncangan yang menimpa pesawat Tgk Agam sehingga menyebabkan goyangan yang membuat banyak penumpang 'adu nyali' itu tak lain sebuah kesengajaan yang dilakukan Irwandi Yusuf selaku pilot resek. Namanya juga 'Agam Batat' ya akal-akalnya juga ikut 'batat' bin bengal.

BW (Bang Wandi, panggilan akrab Irwandi Yusuf) sengaja membuat situasi seakan-akan pesawat sedang 'crash' guna menguji sejauhmana nyali penumpang yang ia ajak naik pesawat Eagle One itu bertahan lama.

Saya tidak percaya pesawat yang dipiloti Irwandi Yusuf dengan penumpang Edi Saputra tiba-tiba nyaris celaka, kecuali itu adalah settingan yang sengaja Irwandi lakukan buat menguji penumpangnya (Edi 'Obama' Saputra), saat itu. Hebatnya, Edi lolos dalam ujian.

Tapi, terlepas apakah itu settingan Irwandi Yusuf atau situasi abnormal dalam sebuah penerbangan pesawat, yang pasti, bagi Edi Obama, terbang dengan sosok hebat sekelas Irwandi Yusuf membuat perasaan dirinya serasa nyaman dan tenang.

Kedua figur guru dan murid ini memiliki watak yang sama, yaitu sama-sama keras kepala, batat dan bernyali tinggi. Tidak ada kamus takut dalam diri keduanya, itu sisi kesamaan Irwandi Yusud dan Edi 'Obama' Saputra, The Rising Star Aceh masa depan.

Hal lain yang paling istimewa bagi seorang Edi Saputra adalah, Irwandi Yusuf sendiri bersama seorang sahabatnya langsung mengabadikan moment Edi Saputra di ruang pilot pesawat dengan kamera Hpnya. Tentu itu adalah momen terindah dan bersejarah bagi diri Edi.

"Mengenang Bang irwandi Yusuf dulu dan sekarang, saat tidak lagi menjabat saya terharu. Seakan perjalanan hidup ini begitu cepat berlalu dan berbalik. Saya hanya bisa berdoa dan berharap semoga beliau selalu dalam keadaan sehat dan terus berbuat untuk Aceh sesuai kapasitasnya sebagai mantan orang no 1 Aceh." ujar Pengusaha Muda Aceh, pemilik Obama Market dan Matang Swalayan di Bireuen itu dengan nada haru kepada saya, dalam sebuah pertemuan mendadak di Kota Matang Glp II, baru-baru ini.

Menurut kabar, nama Edi 'Obama' Saputra cukup kencang disebut-sebut sebagai salah satu kandidat bupati/wakil bupati Bireuen 2024. Nama pengusaha muda yang ramah dan lembut tutur kata ini sangat dikenal di Bireuen karena berjiwa sosial tinggi, kerap membantu warga yang membutuhkan. Bahkan ia sudah dipercaya 2 periode menahkodai institusi Palang Merah Indonesia Bireuen. |
Halim El Bambi/Milah Yabmob | Mantan Stafsus Irwandi Yusuf bidang propaganda dan pencitraan 2014 - 2018. 

UU Hak Cipta Dilindungi oleh Hukum:
Dilarang Copy Paste tiap tulisan/karya orang lain tanpa menyebutkan sumber maupun nama penulisnya. 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)