CAMAT BUKHARI SE: PENINGKATAN SDM UNTUK KEMAJUAN GAMPONG

Halim El Bambi
By -
0

 


MYHELB MEMBACA ZAMAN - LAMPOIH SAKA| Camat Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie, Bukhari SE memberikan saran kepada pemerintahan baru Gampong Ulee Cot Seupeng agar bisa memaksimalkan penggunaan dana desa pada pembangunan sanfras skala prioritas serta pembangunan SDM aparatur desa secara efektif dan efesien serta produktif.

Hal itu disampaikan Bukhari SE kepada Halim El Bambi dari Myhelb Membaca Zaman saat dirinya Kopdar pagi di Lampoih Saka, Senin (5/2). 

Bukhari SE yang sebelumnya menghadapi agenda cukup padat di kecamatan, dalam kaitan pelantikan sejumlah geuchik yang baru terpilih cukup perhatian terhadap perkembangan aktivitas desa-desa yang ada dalam kecamatan Peukan Baro.

Untuk desa atau Gampong Ulee Cot Seupeng, Bukhari menyarankan agar dimasa transisi pengurus lama yang sudah habis masa bakti dan diteruskan ke pemerintahan baru dibawah komando Tgk Muhammad Hidayat yang terpilih sebagai geuchik baru UCS agar segera berbenah menghadapi agenda-agenda pembangunan di hari-hari kedepan.

"Saat ini kita harus maklum sedang masa transisi, pemerintah pusat juga sedang sangat sibuk hadapi agenda pileg dan Pilpres yang tak lama lagi akan digelar itu. Sebagai aparatur negara kita berharap yang terbaik dalam pesta demokrasi itu. Aparatur gampong yang sudah terpilih terus melakukan perbaikan atau pembenahan internal agar roda pemerintahan berjalan dinamis." terang Bukhari.

Bukhari melanjutkan lagi sambil memberikan informasi dari pusat bahwa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat ini terus berupaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa di seluruh Indonesia, tak terkecuali Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie.

Camat merujuk UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagai basis Community Based on Development. Undang-Undang Desa katanya, mengatur bagaimana memperkuat pemerintahan desa dan memberdayaan masyarakat yang baik melalui percepatan tata kelola pemerintahan desa yang bagus guna mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang bersih, efektif, efisien, demokratis dan akuntabel.

“Maka untuk dapat mewujudkan hal tersebut Kecamatan Peukan Baro akan acc setiap ada usulan kegiatan pembinaan dan pengawasan desa antara lain dengan memberikan training fasilitasi administrasi tata pemerintahan desa dan fasilitasi pelaksanaan tugas kepala desa dan perangkat desa. Maka itu peningkatan SDM aparatur desa perlu digalakkan sebagai kunci memajukan gampong. SDM menjadi kunci.” jelasnya.| Halim El Bambi 

Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)