Kantin Sehat SDN 2 Tijue Ungggul

Halim El Bambi
By -
0

 


Sebagai sekolah dasar yang masuk grade Unggul dan menjadi percontohan bagi sekolah dasar lainya di Aceh, SD Negeri 2 Tijue memiliki konsep pelayanan sesuai kriteria 'Unggul' terhadap muridnya.

Salah satunya adalah mengenai kebersihan lingkungan dan sistem kantin yang wajib memiliki kriteria terintegrasi, sehat dan higienis.

Dalam artian, apa yang dijual dan dihidangkan dalam kantin sudah memenuhi klausul mutu pangan bergizi seimbang.

Selain itu juga adanya sistem tempat memcuci makanan dan minuman dengan air mengalir, bukan hanya di celup di satu wadah air dalam baskom yang tidak mengalir.

"Juga wajib ada tempat cuci tangan dengan air bersih yang juga mengalir. Wadah makanan juga ditempatkan pada wadah yang tidak terkomtaminasi bahan berbahaya. Makanan wajib tertutup dari debu dan aman dari lalat." ujar Noralita, S.Pdi, Kepala SDN 2 Tijue Percontohan kepada Halim El Bambi dari Myhelb membaca Zaman.

Noralita sangat menaruh ekspektasi tinggi terhadap higienisitas makanan di lingkungan sekolah. Ia meminta pengelola kantin agar dalam jajanan yang dijual dalam kantin harus ikuti kriteria yang ditetapkan BPOM, diantaranya;

(1) Menyediakan makanan yang aman dan bersih; (2) Mengajarkan murid cara mencuci tangan dengan baik; (3) Produk makanan yang dijual wajib memiliki label yang jelas; (4) Melatih anak untuk membaca label informasi nilai gizi; (5) Menyediakan berbagai minuman sehat tanpa pengawet berbahaya; (6) Tidak menjual makanan dan minuman berwarna mencolok yang terindikasi memakai pewarna kimia berbahaya; (7) Tidak menjual makanan dengan rasa manis berlebihan agar anak didik terhindar dari obesitas yang membahayakan dirinya. | Abdul Halim El Bambi 


Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)