Inilah Kekayaan Tom Cruise Setelah Membintangi Top Gun: Maverick

Halim El Bambi
By -
0

Grafis by MYHELB MEMBACA ZAMAN

MYHELB MEMBACA ZAMAN | Siapa yang tidak kenal Tom Cruise. Ia adalah aktor dan produser film kawakan asal Amerika Serikat yang memiliki kekayaan bersih $600 juta.

Tom Cruise dianggap sebagai salah satu bintang terbesar dalam sejarah Hollywood. Dia juga salah satu selebriti dengan bayaran tertinggi dan terkaya di dunia.

Hingga tulisan ini dibuat, film Tom Cruise telah menghasilkan $11,5 miliar di box office global. Menariknya, sepanjang karier sebelumnya, tak satu pun film yang ia bintangi mampu meraup pendapatan lebih dari $1 miliar.

Sebelum Juni 2022, film terlaris sepanjang masanya adalah "Mission: Impossible – Fallout" yang rilis tahun 2018, 'hanya'  menghasilkan $800 juta secara global. Hingga akhirnya Tom mendapat pendapatan luar biasa setelah membintagi "Top Gun: Maverick,"
akhir Juni 2022, dengan meraup uang sebanyak $1,5 miliar secara global.

Tom memiliki nama asli Thomas Cruise Mapother IV. Ia lahir pada tanggal 3 Juli 1962 di Syracuse, New York. Ayahnya adalah seorang insinyur listrik, sementara ibunya seorang guru pendidikan khusus.

Tom memiliki tiga saudara perempuan. Sepupu pertamanya William Mapother, yang juga menjadi aktor dan muncul bersama Tom di sejumlah proyek film.

Tom Cruise menghabiskan tahun-tahun awalnya berpindah-pindah ke seluruh negeri, termasuk pernah tinggal sebentar di Kanada setelah ayahnya mendapatkan pekerjaan di Angkatan Bersenjata Kanada. Tom kemudian mengklaim bahwa ayahnya adalah seorang pengganggu yang memukuli Tom dan saudara-saudaranya. Dia bersekolah di 15 sekolah dalam 14 tahun.

Tom tidak selalu bermimpi mengejar karir akting. Meskipun dia mengambil kelas drama di sekolah menengah, dia lebih merupakan atlet gulat di sekolah menengah. Dia beralih ke akting di sekolah menengah setelah cedera lutut memaksanya keluar dari tim gulat. Tom selanjutnya mengabdikan dirinya pada klub drama dan dengan cepat memenangkan peran utama dalam produksi 'Guys and Dolls'.

Meskipun menerima ulasan positif dan dorongan dari aktingnya, Tom masih saja tidak tertarik didunia peran. Dia sebenarnya menghabiskan waktu di Seminari St. Fransiskus di Cincinnati dengan harapan menjadi imam agama Fransiskan. Dia dikeluarkan dari sekolah seminari karena kerap mabuk-mabukan.

Tom lulus dari Sekolah Menengah Glen Ridge di New Jersey pada tahun 1980.

Setelah menamatkan sekolah menengah, Tom lalu awalnya pindah ke New York City untuk menjadi seorang aktor. Namun tak lama juga tiba-tiba ia pindah lagi ke Los Angeles untuk mencoba peruntungan di peran televisi.

Pada tahun 1981 Tom membuat debut filmnya dengan peran kecil dalam "Endless Love." Lantas, pada tahun yang sama dia mendapat pujian kritis atas perannya dalam "Taps." Peran itu juga menyebabkan Tom dikontrak oleh agensi pencari bakat besar, CAA.

Agen CAA bernama Paula Wagner menyampaikan bakat Tom secara langsung kepada mitra pengelola agensi tersebut, Michael Ovitz. Disini, Tom tidak hanya menjadi klien CAA seumur hidup, pada awal 1990-an, Tom dan Paula membentuk perusahaan produksi bernama Cruise/Wagner Productions. Tom mendapat pengakuan lebih lanjut dengan "The Outsiders."

Pada tahun 1983, Tom tampil sebagai bintang dalam komedi/drama "Risky Business." Risky Business memperoleh pendapatan lumayan yaitu $64 juta, padahal  film ini diproduksi dengan anggaran cekak, yaitu $6 juta. Publik masa itu menjadi heboh. Film ini mengamankan Tom Cruise sebagai bintang pendatang baru dan memberinya nominasi Golden Globe pertamanya. Disinilah titik awal sukses besar Tom.

Hingga seanjutnya, Tom Cruise menjadi salah satu aktor paling terkenal di dunia dengan kesuksesan besar dalam film waralaba "Top Gun" yang dirilis pertama sekali pada tahun 1986. Top Gun meraup pendapatan fantastis $360 juta di seluruh dunia dan merupakan film terlaris hingga sekarang.

Kocek Tom selain ia dapat dari waralaba Top Gun, ia juga meraup pundi-pundi uang dari waralaba "Mission: Impossible" sejak 1996,  yang meraup pendapatan kotor di seluruh dunia sebesar $457 juta dan menghasilkan beberapa sekuel yang sukses.

Pada tahun yang sama Tom membintangi film blockbuster sukses lainya, sebut saja seperti  "Jerry Maguire" yang menghasilkan $275 juta dengan anggaran $50 juta dan menghasilkan nominasi Aktor Terbaik Oscar. Rekan mainnya, Cuba Gooding, Jr. memenangkan Aktor Pendukung Terbaik Oscar.

Tom terus menghasilkan uang disepanjang film yang ia bintangi. Berikut daftar film yang diperankan Tom:
    
    Eyes Wide Shut
    Vanilla Sky
    Minority Report
    The Last Samurai
    Collateral
    War of the Worlds
    Valkyrie
    Jack Reacher
    Oblivion
    Edge of Tomorrow
    American Made


Sementara itu, inilah 6 film Tom Cruise yang mendapat dengan Pendapatan Tertinggi :

#5: The Last Samurai (2003) – $456 million ($716 million with inflation)
#5: War of the Worlds (2005) – $606 million ($890 million with inflation)
#4: Mission: Impossible – Rogue Nation (2015) – $690 million
#3: Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011) – $700 million
#2: Mission: Impossible – Fallout (2018) – $800 million
#1: Top Gun: Maverick (2022) – $1.5 billion

The Firm (1993) – $158 million ($350 million with inflation)
Mission: Impossible II (2000) – $550 million ($923 million with inflation)
Mission: Impossible (1996) – $460 million ($850 million with inflation)
Rain Man (1988) – $354 million ($865 million with inflation)
Top Gun (1986) – $360 million ($445 million with inflation)

Sampai saat ini, lebih dari 20 judul film telah dibintangi Tom Cruise dan telah meraup lebih dari $100 juta di seluruh dunia. Total box office globalnya adalah $9,5 miliar.

Secara global, total kekayaan Tom Cruise tembus USD 620 juta atau setara Rp 9,3 triliun. Ia berada dibawah SRK yang meraup kekayaan sebesar
USD 770 juta atau Rp 11,6 triliun dari dunia peran di India. | Halim El Bambi | DBS

Daftar aktor/aktris paling tajir didunia:
1. Jerry Seinfeld, USD 1 miliar atau Rp 15,1 triliun
2. Tyler Perry, USD 1 miliar atau Rp 15,1 triliun
3. Dwayne Johnson, USD 800 juta atau Rp 12,1 triliun
4. Shah Rukh Khan, USD 770 juta atau Rp 11,6 triliun
5. Tom Cruise, USD 620 juta atau Rp 9,3 triliun
6. Jackie Chan, USD 520 juta atau Rp 7,8 triliun
7. George Clooney, USD 500 juta atau Rp 7,5 triliun
8. Robert De Niro, USD 500 juta atau Rp 7,5 triliun



Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)